UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
Nama : Dwi ayu wulandari
Npm : 12112275
Tugas : Kolaborasi antar muka otomotif
multimedia
JAKARTA
2015
A. Penjelasan Automotive
Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)
Automotive Multimedia Interface Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu
bentuk pengembangan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi. The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface
ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis
komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini yang pendiri
Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok
semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. Untuk berbagai
alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi
mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
‘menunda penerimaan teknologi baru.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasinya, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas. Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan.
B.
Arsitektur AMI-C
The
Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia
cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394
AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
·
AMI-C 3023 Power Management Specification
·
AMI-C 3013 Power Management Architecture
·
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
·
AMI-C 3034 Power Management Test Documents
·
AMI-C 4001 Revision Physical Specification
C.
Fungsional AMI-C
Tujuan Utama AMIC:
1.
Menyediakan interface standar untuk memungkinkan
pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat
komunikasi dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia
maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk
dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk
infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output.
2. Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik
kendaraan.
3. Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan
hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan industri otomotif efektif
terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering
mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya
sekitar 50.000 unit.
4. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi
interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
D.
Struktural AMI-C
Automotive Multimedia Interface
Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional
briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri
elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari
29 di Tokyo dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Juru bicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan
kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, Daimler Chrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
E. Implementasi Otomotive Multimedia
di Berbagai Bidang
- Dalam Bidang
Industri Mobil
Pengembangan serangkaian spesifikasi
umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW, Daimler Chrysler, Ford,
Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot Citroen,
Renault, Toyota, dan VW.
- Dalam Bidang Bisnis
Company
Profile
Presentasi Bisnis
Simulasi atau demonstrasi produk
- Dalam Bidang kesehatan
Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
Media penyuluhan kesehatan
1. Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju/mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
2. Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem
elektronik kendaraan.
3. Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif
efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering
mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya
sekitar 50.000 unit.
4.
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam
kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
G. Kekurangan dari Kolaborasi
Antarmuka Otomotif Multimedia :
1. Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang
terdapat pada system ini pasti di jual dengan harga mahal.
H. Saran :
Manfaat penerapan sistem AMIC memang sangat banyak sekali,
diantaranya adalah penerapan teknologi komputer pada sebuah kendaraan.
Penerapan ini dapat mempermudah pengendara dalam mendapat informasi serta
keamaanan dalam berkendara. Teknologi AMIC saat ini sudah sangat berkembang
pesat, namun tetap saja teknologi AMIC rentan terhadap berbagai ancaman.
Maka dari itu kemajuan sistem seperti ini juga harus dibarengi atau dilengkapi
dengan perkembangan keamanan sistem.
SUMBER:
http://arifmancunian.blogspot.co.id/2015/11/penulisan-2-kolaborasi-antarmuka.html
http://dwisucisaraswaty.blogspot.com/2014/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar