JAVA SCRIPT

Jumat, 11 Oktober 2013

Tugas Bab 2 Ciri-ciri Organisasi



Universitas Gunadarma
Tugas Bab 2 Ciri-ciri Organisasi












 













Nama : Dwi ayu wulandari
Kelas : 2KA 39
NPM : 12112275



Pertemuan III
CIRI- CIRI ORGANISASI
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga sampai lingkup besar dalam pemerintahan.

§  Adapun ciri-ciri organisasi:

a. Mempunyai tujuan & sasaran
   Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.
b. Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
c. Adanya kerja sama dari sekelompok orang
   Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika kerja sama antar tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam suatu organisasi,mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
d. Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang
   Dengan adanya organisasi maka tugas dan wewenang masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulannya pekerjaan dan sebagainya akan dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang lain.

§  Unsur-Unsur Organisasi
Unsur-unsur dasar organisasi dipahami secara selektif untuk menciptakan evaluasi dan reaksi yang menunjukan apakah yang dimaksud oleh setiap unsur dasar tersebut dan seberapa baik unsur-unsur ini beroperasi bagi kebaikan anggota organisasi.
Unsur-unsur organisasi tidak secara langsung menciptakan iklim komunikasi organisasi, tetapi bergantung pada persepsi anggota organisasi mengenai nilai hukum dan peraturan dengan kegiatan-kegiatan yang dikenai hukum dan peraturan.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

1.      Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan berorganisasi sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers).
2.   Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi.


3.      Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).
4.      Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5.      Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu.

§  Teori Organisasi

Teori organisasi terbagi 3 yaitu :
     
      a.Teori klasik, teori ini  kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun seribu delapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi secara umum digambarkan oleh para teoristik klasik sebagai sentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialiasi,serta memberikan petunjuk mekanisme struktural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu : teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.
      b.Teori organisasi Neoklasik, teori  neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
      c. Teori organisasi modern disebut juga analisa sistem pada organisasi merupakan aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat bahwa semua unsur organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan sistem yang terbuka.


.
11 Oktober 2013
Hari Idul Adha
Banyak sekali umat muslim yang menunaikan ibadah haji di bulan idul adha ini.Banyaknya umat muslim terutama umat muslim Indonesia yang telah sampai di Mekkah.Mungkin hari idul adha bukan hanya beramai-ramai menunaikan ibadah haji tetapi ada pula yang ingin berkurban.Saat ini banyak sekali pedagang yang menjual hewan kurban seperti sapi,kerbau,dan kambing.Bagi yang memiliki rejeki lebih diperbolehkan berkurban untuk masyarakat yang kurang mampu.Untuk kurban sapi itu maksimal amalnya untuk 7 orang.Dan untuk kurban kambing itu hanya untuk 1 orang amalnya.Tapi yang terpenting bukan besar kecilnya apa yang kita ingin kurbankan tapi niat yang kita niatkan dalam hati untuk tidak serakah pada hasil pendapatan lebih yang dimiliki.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar