Universitas Gunadarma
Tugas Bab 2 Ciri-ciri Organisasi
Nama : Dwi ayu wulandari
Kelas : 2KA 39
NPM : 12112275
Pertemuan III
CIRI- CIRI ORGANISASI
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena
dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang
sederhana dari keluarga sampai lingkup besar dalam pemerintahan.
§
Adapun ciri-ciri organisasi:
a. Mempunyai
tujuan & sasaran
Betapa pentingnya kemampuan mengorganisasi
bagi seorang manajer. Suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya
baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang baik tetapi
organisasi tidak baik.
b. Mempunyai
keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
c. Adanya kerja sama dari
sekelompok orang
Suatu organisasi, selain merupakan tempat kerja sama juga
merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang. Dalam praktek, jika
kerja sama antar tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka organisasi itu
di susun harus lebih sempurna dengan kata lain proses kerja sama di lakukan dalam
suatu organisasi,mempunyai kemungkinan untuk di laksanakan dengan lebih baik
hal ini berarti tanpa suatu organisasi maka proses sama itu hanya bersifat
sementara, di mana hubungan antar kerja sama antara pihak-pihak bersangkutan
kurang dapat diatur dengan sebaik-baiknya.
d. Mempunyai koordinasi
tugas dan wewenang
Dengan adanya organisasi maka tugas dan
wewenang masing-masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan
dapat lebih jelas, dengan demikian kesimpulannya pekerjaan dan sebagainya akan
dapat di hindarkan. Dengan kata lain tanpa orang yang baik mereka akan bingung
tentang apa tugas-tugasnya dan bagaimana hubungan antara yang satu dengan yang
lain.
§
Unsur-Unsur
Organisasi
Unsur-unsur dasar organisasi dipahami secara selektif untuk
menciptakan evaluasi dan reaksi yang menunjukan apakah yang dimaksud oleh
setiap unsur dasar tersebut dan seberapa baik unsur-unsur ini beroperasi bagi
kebaikan anggota organisasi.
Unsur-unsur organisasi tidak secara langsung menciptakan
iklim komunikasi organisasi, tetapi bergantung pada persepsi anggota organisasi
mengenai nilai hukum dan peraturan dengan kegiatan-kegiatan yang dikenai hukum
dan peraturan.
Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur
tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1. Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan berorganisasi sering
disebut dengan istilah pegawai atau personnel. Pegawai atau personnel terdiri
dari semua anggota atau warga organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya
terdiri dari unsur pimpinan (administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi
dalam organisasi, para manajer yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai
dengan fungsinya masing-masing dan para pekerja (nonmanagement/workers).
2. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara
bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau
semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi
administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan
kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
3. Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan
menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan
merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga
menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola
(network).
4. Peralatan (Equipment)
Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang
terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal
lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi,
dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan
peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa
tujuan tertentu.
§ Teori
Organisasi
Teori organisasi terbagi 3 yaitu :
a.Teori klasik, teori
ini kadang disebut teori tradisional yang berisi konsep-konsep
tentang organisasi mulai tahun seribu delapan ratusan.Dalam hal ini,organisasi
secara umum digambarkan oleh para teoristik klasik sebagai sentralisasi dan
tugas-tugasnya terspesialiasi,serta memberikan petunjuk mekanisme struktural
yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori klasik berkembang dalam 3 aliran
yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang
sama, yaitu : teori birokrasi,teori administrasi dan teori manajemen ilmiah.
b.Teori organisasi Neoklasik, teori
neoklasik dikenal sebagai teori hubungan manusiawi dan dikembangkan atas dasar
teori klasik.Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis
dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok
kerjanya,sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama.
c. Teori organisasi modern disebut juga analisa sistem pada organisasi merupakan
aliran terbesar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen.Teori ini melihat
bahwa semua unsur organisasi merupakan satu kesatuan dan saling ketergantungan
yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup
yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil,tetapi organisasi merupakan sistem
yang terbuka.
.
11 Oktober 2013
Hari Idul Adha
Banyak sekali umat muslim yang menunaikan ibadah haji di
bulan idul adha ini.Banyaknya umat muslim terutama umat muslim Indonesia yang
telah sampai di Mekkah.Mungkin hari idul adha bukan hanya beramai-ramai
menunaikan ibadah haji tetapi ada pula yang ingin berkurban.Saat ini banyak
sekali pedagang yang menjual hewan kurban seperti sapi,kerbau,dan kambing.Bagi
yang memiliki rejeki lebih diperbolehkan berkurban untuk masyarakat yang kurang
mampu.Untuk kurban sapi itu maksimal amalnya untuk 7 orang.Dan untuk kurban
kambing itu hanya untuk 1 orang amalnya.Tapi yang terpenting bukan besar
kecilnya apa yang kita ingin kurbankan tapi niat yang kita niatkan dalam hati
untuk tidak serakah pada hasil pendapatan lebih yang dimiliki.
http://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/
http://zeincom.wordpress.com/2011/10/22/cuoto/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar