JAVA SCRIPT

Rabu, 19 Maret 2014

PENTINGNYA KOMUNIKASI




 





MATERI TENTANG KOMUNIKASI






Penulis : Dwi ayu wulandari

 KELAS : 2 KA 39
NPM : 12112275


 UNIVERSITAS GUNADARMA KALIMALANG





BEBERAPA ETIKA MENULIS DI BLOG
 1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.

 2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.

 3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.

 4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.

 5. Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.

 6. Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.

 7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.

 8. Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.

 9. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.

 10. Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.

 11. Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.

 12. Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog. 

 

 SUB POKOK BAHASAN
A.     PENGERTIAN DAN ARTI PENTING KOMUNIKASI
Seperti dikatakan oleh Tannen tahun 1996 bahwa kita butuh saling berdekatan agar merasa berada dalam suatu komunitas dan tidak merasa sendiri di dunia.
PENGERTIANNYA SENDIRI YAITU:
Kata Komunikasi berasal dari bahas Latin communicatio yang artinya ‘pemberitahuan’ atau ‘pertukaran pikiran’.Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari sesorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
BEBERAPA DEFINISI KOMUNIKASI DARI PARA PAKAR :
1.      Komunikasi adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa,kepada siapa dengan efek apa (Laswell).
2.      Komunikasi adalah penyebaran informasi,ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol (Theodorson dan Thedorson).
3.       Komunikasi berasrti suatu mekanisme suatu hubungan antarmanusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan membacanya melalui ruang dan penyimpanan waktu (Charles H.Cooley).
PENJABARANNYA :
Komunikasi sebagai suatu proses penyampaian pesan (berupa lambing,suara,gambar,dll)dari suatu sumber kepada sasaran(audience)dengan menggunakan saluran tertentu.Komunikasi sebagai prasyarat kehidupan manusia.Kehidupan manusia akan hampa jika tidak ada komunikasi.Karena tanpa komunikasi,interaksi antar manusia,baik secara perseorangan,kelompok,atau organisasi tidak mungkin terjadi.Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan aksi dan reaksi.Pelaku proses komunikasi adalah manusia yang selalu bergerak dinamis.Komunikasi menjadi penting karena fungsinya yang bisa dirasakan oleh pelaku komunikasi tersebut.Orang yang sedang mendengarkan komunikasi disebut audience.Sedangkan kata-kata yang disampaikan melalui udara disebut saluran atau channel.

B.      JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI
Jenis komunikasi terdiri dari:
1. Komunikasi verbal dengan kata-kata. Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;
a. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata).
Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata menjadi penting dalam berkomunikasi.
b. Racing (kecepatan).
Komunikasi akan lebih efektif dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
c. Intonasi suara
Akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d. Humor
Dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e. Singkat dan jelas
Komunikasi akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
f. Timing (waktu yang tepat)
Adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.
2. Komunikasi Non Verbal.
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
a.      Ekspresi wajah
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.      Kontak mata
Merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengobservasi yang lainnya
c.       Sentuhan
Bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.      Postur tubuh dan gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.      Sound (Suara)
Rintihan, menarik nafas panjang, tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
f.        Gerak isyarat
Adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress.
                    Proses Komunikasi
                        Pengertian:
                        Adalah setiap langkah mulai dari saat menciptakan informasi sampai dipahami oleh   komunikan kegiatan yang bersifat kontinu.Artinya elemen-elemen komunikasi saling bergantungan tidak pernah independen masing-masing komponen saling mengait dengan komponen yang lain.
                        Wilbur Schramm mengatakan bahwa untuk terjadinya proses komunikasi paling sedikit harus memiliki 3 unsur komunikasi,yaitu komunikator,pesan,dan komunikan.
                        Harold D Laswell memperkenalkan 5 formula komunikasi untuk terjadinya suatu proses komunikasi yaitu:
·         Who,yakni berkenaan dengan siapa yang mengatakan.
·         Says What,yakni berkenaan dengan menyatakan apa.
·         In Which Channel,yakni berkenaan dengan saluran apa.
·         To Whom,yakni berkenaan dengan ditujukan kepada siapa.
·         With What Effek,yakni berkenaan dengan pengaruh apa.
                        Beberapa model proses komunikasi :
·         Model Linear (satu arah)
·         Model Interaksi (dengan umpan balik)
·         Model Transaksional (kepercayaan,konsep diri,nilai,dan kemampuan berkomunikasi)
William G.Scott mengutip pendapat Babcock dalam Thoha 1977 ada 5 faktor yang mempengaruhi proses komunikasi :
1.      The Act(perbuatan)
Perbuatan komunikasi menginginkan pemakaian lambing-lambang yang dapat dimengerti.
2.      The Scene(adegan)
Adegan sebagai salah satu factor dalam komunikasi yang menekankan hubungan dengan lingkungan komunikasi.
3.      The Agent(pelaku)
Individu-individu yang mengambil bagian dalam hubungan komunikasi dinamakan pelaku-pelaku komunikasi.
4.      The Agency(perantara)
Alat-alat yang dipergunakan dalam komunikasi dapat membangun terwujudnya perantara.
5.      The Purpose(tujuan)
·         Tujuan fungsional
·         Tujuan manipulasi
·         Tujuan keindahan
·         Tujuan keyakinan
C.      Komunikasi Efektif
Pengertian :
Komunikasi Efektif menimbulkan perasaan tertentu,menyampaikan tentang pikiran,ide atau pendapat.
Pola Komunikasi Efektif yaitu :
1.      Adanya media massa yang dapat mengeksplor sebuah komunikasi menjadi informasi untuk semua orang.
2.      Perlu kata-kata yang diplomasi  untuk berkomunikasi secara efektif.
3.      Dibutuhkan penalaran yang baik untuk menangkap semua komunikasi yang bersifat efektif.
Fungsinya :
Agar dapat menumbuhkan dan menanamkan perasaan tertentu untuk supaya mudah dipahami,diterima oleh orang banyak.
D.     Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata implikasi berarti akibat.Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
1.      Implikasi procedural meliputi tata cara analisis,pilihan representasi,perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2.  Implikasi kebijakan meliputi sifat substantive,perkiraan kedepan dan perumusan tindakan.

REFERENSI :
a.      Rivai,Veithzal 2004.Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta:Rajawali pers.
c.       Edukasi.kompasiana.com/2013/06/10/jenis-jenis komunikasi-563927.html
d.      IP-TM3-KOMUNIKASI.Pdf(secured)
e.      Judul Buku “Komunikasi Organisasi”.Pengarang “Wayne pace dan don f faules”.Penerbit “Remaja rosdakarya dibandung”.
f. Judul Buku “Komunikasi & Teknologi Manajemen informasi”.Pengarang”DRS.TOMMY SUPRAPTO M.S.Penerbit “ Media pressindo”.

                       
             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar