MATERI
TENTANG KOMUNIKASI
Penulis : Dwi ayu wulandari |
KELAS : 2 KA 39
NPM : 12112275
UNIVERSITAS
GUNADARMA KALIMALANG
BEBERAPA ETIKA MENULIS DI BLOG
1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan
Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan
sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen
untuk menulis secara proporsional.
3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
5. Tidak berprasangka dan hanya menulis
berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung
tinggi etika kesopanan dalam menulis.
6. Tidak melakukan spamming melalui
kolom komentar.
7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam
memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
8. Tidak melakukan hack pada website
atau blog lain.
9. Tidak menampilkan tulisan atau
gambar yang mengandung unsur SARA.
10. Menggunakan bahasa yang baik dalam
menulis.
11.
Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak
melanggar hak-hak orang lain.
12.
Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari
terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.
SUB
POKOK BAHASAN
A.
PENGERTIAN
DAN ARTI PENTING KOMUNIKASI
Seperti
dikatakan oleh Tannen tahun 1996 bahwa kita butuh saling berdekatan agar merasa
berada dalam suatu komunitas dan tidak merasa sendiri di dunia.
PENGERTIANNYA SENDIRI
YAITU:
Kata Komunikasi berasal dari bahas Latin communicatio yang artinya ‘pemberitahuan’ atau ‘pertukaran
pikiran’.Komunikasi adalah suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari
sesorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
BEBERAPA DEFINISI
KOMUNIKASI DARI PARA PAKAR :
1. Komunikasi
adalah proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa,kepada
siapa dengan efek apa (Laswell).
2. Komunikasi
adalah penyebaran informasi,ide-ide sebagai sikap atau emosi dari seseorang
kepada orang lain terutama melalui simbol-simbol (Theodorson dan Thedorson).
3. Komunikasi berasrti suatu mekanisme suatu
hubungan antarmanusia dilakukan dengan mengartikan simbol secara lisan dan
membacanya melalui ruang dan penyimpanan waktu (Charles H.Cooley).
PENJABARANNYA :
Komunikasi
sebagai suatu proses penyampaian pesan (berupa lambing,suara,gambar,dll)dari
suatu sumber kepada sasaran(audience)dengan menggunakan saluran
tertentu.Komunikasi sebagai prasyarat kehidupan manusia.Kehidupan manusia akan
hampa jika tidak ada komunikasi.Karena tanpa komunikasi,interaksi antar
manusia,baik secara perseorangan,kelompok,atau organisasi tidak mungkin
terjadi.Dua orang dikatakan melakukan interaksi apabila masing-masing melakukan
aksi dan reaksi.Pelaku proses komunikasi adalah manusia yang selalu bergerak
dinamis.Komunikasi menjadi penting karena fungsinya yang bisa dirasakan oleh
pelaku komunikasi tersebut.Orang yang sedang mendengarkan komunikasi disebut audience.Sedangkan kata-kata yang
disampaikan melalui udara disebut saluran atau channel.
B.
JENIS
DAN PROSES KOMUNIKASI
Jenis komunikasi terdiri dari:
1. Komunikasi verbal dengan kata-kata. Komunikasi Verbal mencakup aspek-aspek berupa ;
a. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata).
Komunikasi tidak akan efektif bila
pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti, karena itu olah kata
menjadi penting dalam berkomunikasi.
b. Racing (kecepatan).
Komunikasi akan lebih efektif dan
sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau
terlalu lambat.
c. Intonasi suara
Akan mempengaruhi arti pesan secara dramatik sehingga pesan akan menjadi
lain artinya bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara
yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
d. Humor
Dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan
bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan stress dan nyeri. Tertawa
mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah
merupakan satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
e. Singkat dan jelas
Komunikasi akan efektif bila
disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya
sehingga lebih mudah dimengerti.
f. Timing (waktu
yang tepat)
Adalah hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti
bila seseorang bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu
untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.
2. Komunikasi Non
Verbal.
Komunikasi non verbal adalah penyampaian pesan tanpa
kata-kata dan komunikasi non verbal memberikan arti pada komunikasi verbal.
a.
Ekspresi wajah
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan
komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang.
b.
Kontak mata
Merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata
selama berinterakasi atau tanya jawab berarti orang tersebut terlibat dan
menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar
mendengarkan. Melalui kontak mata juga memberikan kesempatan pada orang lain
untuk mengobservasi yang lainnya
c.
Sentuhan
Bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari
pada komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh,
dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
d.
Postur tubuh dan
gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri
dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan
merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.
e.
Sound (Suara)
Rintihan, menarik nafas panjang,
tangisan juga salah satu ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat
dijadikan komunikasi. Bila dikombinasikan dengan semua bentuk komunikasi non
verbal lainnya sampai desis atau suara dapat menjadi pesan yang sangat jelas.
f.
Gerak isyarat
Adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai
bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan
tangan selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan stress bingung atau
sebagai upaya untuk menghilangkan stress.
Proses Komunikasi
Pengertian:
Adalah
setiap langkah mulai dari saat menciptakan informasi sampai dipahami oleh
komunikan kegiatan yang bersifat kontinu.Artinya elemen-elemen komunikasi
saling bergantungan tidak pernah independen masing-masing komponen saling
mengait dengan komponen yang lain.
Wilbur
Schramm mengatakan bahwa untuk terjadinya proses komunikasi paling sedikit
harus memiliki 3 unsur komunikasi,yaitu komunikator,pesan,dan komunikan.
Harold
D Laswell memperkenalkan 5 formula komunikasi untuk terjadinya suatu proses
komunikasi yaitu:
·
Who,yakni berkenaan
dengan siapa yang mengatakan.
·
Says What,yakni
berkenaan dengan menyatakan apa.
·
In Which Channel,yakni
berkenaan dengan saluran apa.
·
To Whom,yakni
berkenaan dengan ditujukan kepada siapa.
·
With What Effek,yakni
berkenaan dengan pengaruh apa.
Beberapa model proses komunikasi :
·
Model Linear (satu
arah)
·
Model Interaksi
(dengan umpan balik)
·
Model Transaksional
(kepercayaan,konsep diri,nilai,dan kemampuan berkomunikasi)
William
G.Scott mengutip pendapat Babcock dalam Thoha 1977 ada 5 faktor yang
mempengaruhi proses komunikasi :
1.
The Act(perbuatan)
Perbuatan komunikasi menginginkan pemakaian lambing-lambang yang
dapat dimengerti.
2.
The Scene(adegan)
Adegan sebagai salah satu factor dalam komunikasi yang
menekankan hubungan dengan lingkungan komunikasi.
3.
The Agent(pelaku)
Individu-individu yang mengambil bagian dalam hubungan
komunikasi dinamakan pelaku-pelaku komunikasi.
4.
The Agency(perantara)
Alat-alat yang dipergunakan dalam komunikasi dapat membangun
terwujudnya perantara.
5.
The Purpose(tujuan)
·
Tujuan fungsional
·
Tujuan manipulasi
·
Tujuan keindahan
·
Tujuan keyakinan
C. Komunikasi Efektif
Pengertian :
Komunikasi Efektif menimbulkan perasaan
tertentu,menyampaikan tentang pikiran,ide atau pendapat.
Pola Komunikasi
Efektif yaitu :
1.
Adanya media massa
yang dapat mengeksplor sebuah komunikasi menjadi informasi untuk semua orang.
2.
Perlu kata-kata yang
diplomasi untuk berkomunikasi secara
efektif.
3.
Dibutuhkan penalaran
yang baik untuk menangkap semua komunikasi yang bersifat efektif.
Fungsinya :
Agar
dapat menumbuhkan dan menanamkan perasaan tertentu untuk supaya mudah
dipahami,diterima oleh orang banyak.
D. Implikasi Manajerial
Menurut kamus besar bahasa Indonesia kata implikasi berarti akibat.Kata Implikasi
sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat
ini adalah manajerial atau manajemen.
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
1.
Implikasi procedural
meliputi tata cara analisis,pilihan representasi,perencanaan kerja dan
formulasi kebijakan.
2. Implikasi kebijakan
meliputi sifat substantive,perkiraan kedepan dan perumusan tindakan.
REFERENSI :
a.
Rivai,Veithzal
2004.Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta:Rajawali pers.
c.
Edukasi.kompasiana.com/2013/06/10/jenis-jenis
komunikasi-563927.html
d.
IP-TM3-KOMUNIKASI.Pdf(secured)
e.
Judul Buku
“Komunikasi Organisasi”.Pengarang “Wayne pace dan don f faules”.Penerbit
“Remaja rosdakarya dibandung”.
f. Judul Buku
“Komunikasi & Teknologi Manajemen informasi”.Pengarang”DRS.TOMMY SUPRAPTO
M.S.Penerbit “ Media pressindo”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar